Home » , , , » BISNIS BATU AKIK

BISNIS BATU AKIK

BISNIS BATU AKIK, www.5antri.blogspot.com - Pamor bisnis batu akik atau Bisnis batu mulia kini kian meroket di Indonesia. Tak cuma kalangan rakyat jelata yang mulai menggandrungi jenis perhiasan Batu Mulia ini, bahkan pejabat hingga mantan presiden pun tak luput dari Demam Batu Cincin ini.

BISNIS BATU AKIK
Pedagang Batu Akik Di Pasar Rawa Bening, Jakarta Timur

PENJUAL BATU AKIK
Meledaknya Penjualan Batu Akik membuat pedagang-pedagang pun ketiban untung lebih banyak. Seperti pedagang di pasar Rawa Bening, Jakarta Timur misalnya. Setahun belakangan ini mereka mengakui omzetnya melonjak drastis semenjak masyarakat DEMAM BATU AKIK.

Salah satunya Deni, pedagang perhiasan batu cincin ini mengaku bisa meraih pendapatan kotor Rp70 juta-Rp100 juta per bulannya.

"Batu cincin ini trennya baru setahun belakangan ini. Dulu enggak seramai ini. Sehari saya bisa jual minimal 20an cincin per bulan. Pendapatan kotor bisa sampai Rp100 jutaan per bulan," kata deni

Di dalam etalase tokonya, Deni menjual beragam Jenis Batu Cincin. Mulai dari jenis bacan, kalimaya, sungai dareh, raflesia, hingga dari Aceh. Dia menyebut, setiap daerah di Indonesia memiliki jenis batu-batuan yang khas. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp.2 juta hingga yang termahal Rp.75 juta.

BISNIS BATU AKIK, Sama seperti Deni, pedagang lainnya Sukri juga mengaku mendapat keuntungan yang luar biasa dari BISNIS BATU AKIK ini. Sukri mengaku bisa menjual bahkan hingga 30 cincin minimal per bulan.

"Batu cincin yang saya jual di kisaran Rp.3 juta-Rp.9 juta. Ya bisalah dapat Rp.75 jutaan per bulan," ungkapnya.

Sukri menyebut, pembeli yang datang membeli batu cincin miliknya tak hanya berasal dari Jakarta. Tetapi juga ada yang berasal dari luar kota seperti Palembang, Kalimantan, Surabaya bahkan hingga luar negeri seperti Taiwan dan Hong Kong.

"Pernah waktu itu ada yang dari Taiwan beli borongan sampai 30 cincin," ujar dia.

Sumber : http://wedung.com

batas

Bisnis Batu Akik, Nenek 70 Tahun Jadi Jutawan

BISNIS BATU AKIK, PADANG - Demam batu akik mulai merambah hingga ke berbagai daerah di tanah air, bermacam jenis batu akik ini diberi nama sesuai dengan keidentikan dan keunikannya masing-masing.

Dimulai dari hobi mengolah batu akik, hingga menjual batu akik puluhan juta rupiah, nenek 70 tahun ini, dikenal sebagai Ratu Akik Red Maroon dari ranah minang.

Hobi ternyata tak mengenal usia, bahkan hanya dimulai dari hobi pun bisa mendatangkan rezeki yang tak terduga, hingga meraup jutaan rupiah perharinya. Seperti yang dialami oleh Suarni, nenek yang berusia 70 tahun ini tinggal bersama tiga orang anak perempuannya di kawasan Purus Lima, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Nenek ini secara serius menekuni hobinya ini sejak tahun 1985 sebagai pengkoleksi batu akik. Namun belakangan, hobinya ini beralih menjadi bisnis yang bisa menjadikannya seorang jutawan.

Dengan bermodalkan sebuah alat pengasah batu tradisional, nenek ini bisa mengolah batu akik hingga ratusan biji dalam satu hari. Bersama tiga orang anak perempuannya di rumah Suarni melakoni pekerjaannya sebagai pengasah batu akik.

Jenis kelamin bukanlah sebuah penghalang baginya untuk menekuni bisnisnya ini. Dengan cekatan sebuah bongkahan batu atau biasa disebut dengan bahan ini diolah dan diasah oleh nenek ini menjadi sebuah batu cincin yang indah dan menawan. Sehingga harga jualnya pun bisa mencapai jutaan rupiah.

Tak tanggung-tanggung, bahan-bahan batu akik miliknya inipun di dapatkannya sendiri dengan cara mencari ke gunung atau ke sungai yang masih alami. Pelanggannya pun tak hanya dari dalam Kota Padang saja, melainkan dari Malaysia dan Singapura.

Dalam satu hari, Suarni bisa meraup uang hingga Rp.5 juta dari usahanya mengasah dan menjual batu akik ini. Bisnis batu akik ini memang unik, batu akik ini sama sekali tidak memiili tarif. Namun bisa ditarifkan jika batu akik tersebut berjodoh dengan pembelinya.

Di tempat ini, terdapat tiga jenis batu akik khas Sumatera Barat, seperti Lumut sungai dareh, Lumut suliki dan Cimpago limau manis atau Red maroon. Bahkan, dengan jutaan koleksi batu akiknya nenek ini di panggil dengan sebutan Ratu Akik Red Maroon.

Selain diperuntukan sebagai perhiasan atau pemanis jari, batu akik ini kononnya menjadi lambang atau identitas strata seseorang yang memakainya, sesuai dengan jenis batu yang digunakannya.

Sumber : http://okezone.com

batas

Batu Akik Naga Ditawar Rp 3 M tak Dilepas

BATU AKIK NAGA - Lagi-lagi soal batu akik yang dijual dengan pasang harga fantastis. Kali ini batu akik berlambang naga milik warga Nagan Raya, Aceh, dibanderol dengan harga Rp 20 miliar.

Sebelumnya muncul di Langkat seharga Rp 1,8 miliyar dan batu akik motif harimau di Mandailing Natal, Sumatra Utara (Sumut) dijual Rp 1,5 milyar.

Menurut penuturan yang empunya batu, Darnuzi, batu cincin berlambang naga ditemukan di Krueng Isep, Kecamatan Beutong, Nagan Raya, kala sedang jalan-jalan sambil menikmati keindahan alam kawasan tempat wisata tersebut.

Dalam keadaan santai itu tiba-tiba terlihat satu batu bongkahan kecil berwarna hitam. Saat iseng dia mengambil batu memang tak terlihat ada motif naga. Namun, ketika digosok di tempat ahlinya, secara berlahan-lahan muncul lambang naga bertanduk sehinga terlihat jelas bewarna kuning.

Baru hitungan bulan menggunakan batu akik itu di jari manis tangan kanannya, sejumlah orang berminat untuk membelinya, namun belum ada kecocokan harga.

“Ada beberapa orang baru-baru sudah menawarkan batu cincin berlambang naga ini senilai Rp 3 miliar, tapi belum saya lepas,” kata Darnuzi kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN), Kamis (5/3) di Suka Makmue.

Menurut Darnuzi, batu akiknya itu akan dilepasnya dengan harga Rp 20 miliar, namun masih bisa nego lagi.

Sumber : http://jpnn.com

batas

Tips Cara Berbisnis Batu Akik

BISNIS BATU AKIK - Tren bisnis batu perhiasan atau batu mulia khususnya batu akik saat ini tengah booming. Tren batu akik juga banyak membuka peluang usaha baru di daerah. Peluang usaha batu akik tidak hanya ada pada penjual atau pedagang batu akik itu sendiri, tapi juga ada penambang, pengasah batu akik sampai dengan perajin batu akik.

PENJUAL BATU AKIK, karena begitu menjanjikannya bisnis batu akik ini, menjadikan peluang usaha ini begitu ‘seksi’ untuk digeluti. Betapa tidak, batu kecil yang seperti tidak ada harganya itu, ketika sudah dipajang di showroom akan memiliki nilai yang sangat mahal sekali.

Untuk harga sebuah batu akik, bisa mencapai jutaan bahkan sampai dengan ratusan juta rupiah. Itulah yang membuat bisnis ini menjadi sangat menggiurkan. Nah, jika Anda minat ingin berbisnis batu akik, perhatikan hal ini:

1. Belajar Tentang Batu Akik

Sebelum Anda putuskan untuk terjun ke bisnis batu akik, pelajari dahulu dengan seksama batu akik itu sendiri. Hal ini sangat penting karena begitu banyaknya jenis dari batu mulia tersebut. Sangat riskan bila Anda buta terhadap batu ini lalu Anda paksakan untuk berbisnis karena tergiur untung yang begitu besar. Pelajari jenis batu ini, karakter batu, serta asal batu, karena dari masing – masing daerah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri.

2. Menentukan Segmen Pasar

Segmen mana yang Anda pilih akan sangat membantu fokus dalam bisnis batu akik Anda. Karena perlu Anda ketahui bahwa banyak segmen pasar yang bisa Anda kerjakan dalam menggeluti batu akik ini. Dalam menentukan segmen yang akan Anda kerjakan, bisa Anda tentukan dari keahlian yang Anda kuasai. Baik itu kemampuan memoles batu, kemampuan menghias bingkai maupun juga kemampuan marketing atau pemasaran Anda.

Sangat sulit menjalankan semuanya sendiri. Solusi yang paling tepat adalah dengan membuat sebuah tim dengan mengakomodasi seluruh kemampuan di atas dengan konsekuensi, harus ada pembagian kuentungan.

3. Perhatikan Modal Usaha

Untuk modal awal usahakan tidak terlalu besar. Gunakan dana yang save, atau dan yang jika terjadi sesuatu terhadap bisnis Anda tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan keuangan Anda. Karena mengingat bisnis ini adalah termasuk bisnis musiman yang artinya bisnis yang bukan berbasis pada kebutuhan masyarakat. Jadi, di sini Anda harus tetap memperhitungkan dengan seksama segala kemungkinan yang akan terjadi ke depan.

4. Survey Lokasi Produk

Ini harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan produk yang baik dan banyak diminati oleh para konsumen. Jika Anda masih dalam tahap memulai, bisa dilakukan di daerah sekitar Anda dulu. Survey bisa dilakukan pada kota-kota terdekat di sekitar lokasi Anda. Jika skala pangsa pasar Anda sudah besar, Anda juga harus melebarkan daerah survey Anda. Hampir semua kepulauan di Indonesia memiliki batu mulia batu akik yang unik.

5. Survey Harga

Sangat penting Anda lakukan untuk mengetahui harga terbaru di pasaran. Karena bisnis seperti ini kemungkinan perubahan harga di pasar sangatlah besar. Jadi semakin sering Anda melakukan survey harga akan sangat baik untuk perkembangan bisnis batu akik Anda. Ini bisa Anda lakukan dengan mencoba memasuki pusat – pusat perdagangan batu mulia di sekitar Anda.

Selain cara di atas, bisa juga dengan cara online dengan memasuki grup facebook, beberapa forum dan berbagai media sosial maupun toko online yang berkaitan dengan penjualan batu akik. Di situ Anda akan banyak mendapatkan informasi mengenai harga terbaru batu akik.

6. Inovasi Bisnis Batu Akik

Inovasi sangat penting keberadaanya dalam bisnis ini untuk menghindari kejenuhan dari konsumen. Selain untuk menghindari kejenuhan dari konsumen, inovasi sangat disarankan juga untuk meningkatkan nilai dari batu akik itu sendiri.

Bagi pengrajin atau penghias batu akik, jika ingin bertahan lama dalam menjalankan bisnis batu akik, mau tidak mau harus selalu melakukan terobosan. Inovasi bisa menjadi faktor pembeda diantara para pebisnis batu akik. Seberapa besar inovasi yang Anda buat, akan sangat menentukan keberlangsungan bisnis Anda di bidang batu mulia ini.

Itulah Tips Cara Berbisnis Batu Akik beberapa hal yang bisa kami sampaikan sebagai persiapan dalam membuka usaha atau bisnis batu akik. Semoga membantu Anda untuk segera merealisasikan gagasan dan ide Anda.


Sumber : http://www.supranaturaljokowi.com
Share this article :

1 komentar:

  1. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus

Legenda

BIOGRAFI PARA ULAMA

Santri KH. Ahmad Basyir
....................................................................................................
Santri KH. Abdul Karim
....................................................................................................
Santri KH. Mahrus Aly
....................................................................................................
Santri KH. Kholil Bangkalan
....................................................................................................
Santri KH. Mbah Yasin (Mbah Sukandar)
....................................................................................................

CERITA RAKYAT

Cerita Rakyat Roro Jonggrang Cerita Rakyat Roro Jonggrang
....................................................................................................
Cerita Rakyat Batu Gantung Cerita Rakyat Batu Gantung
....................................................................................................
Cindelaras Cerita Rakyat Cindelaras
....................................................................................................
Ikan Patin Cerita Rakyat Ikan Patin
....................................................................................................
Ikan Duyung Cerita Rakyat Ikan Duyung
....................................................................................................


 
Support : Kuasa Illahi | Juornal Wanita | Sang Kiai
Copyright © 2013. DUNIA PESANTREN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Dunia Santri
Proudly powered by Santri